Sembako SAHARA

OK OCE-Sahara Latih Seribu Agen Sembako

Problem pelik menghantui pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sejumlah masalah mendasar itu mendera di tengah gaung digitalisasi ekonomi (online). Apalagi, aplikasi platform digital tidak semudah memutar telapak tangan. Pendeknya, digitasliasi ekonomi sarat teknologi tentu menuntut sumber daya manusia (SDM) mumpuni.

Karena itu, pendidikan, kecakapan dan pendampingan tidak sekadar penting. Penguatan modal dan juga keterampilan untuk kemandirian UMKM, menjadi sesuatu yang tidak bisa ditunda. Menjadi modal dasar untuk mengangkat UMKM mampu bersaing dengan pelaku usaha modern dan dipenuhi sokongan modal tidak terbatas.

Persoalan pelik pelaku UMKM bertebaran pada sejumlah warung kelontong begitu bejibun. Mulai pembeli ngutang, tidak ada hand phone berbasis android sebagai alat kerja, harga jual berbeda-beda, produk tidak lengkap, pelayanan seadanya, uang kembalian ditukar permen, lokasi deket toko modern, harga beli mahal, pembelian cash ke agen, tidak berpendidikan, tanpa pembukuan, produk tidak bisa retur, peluang pembeli kecil, tidak disiplin, kurang modal dan tempat berantakan.

Menyadari kondisi itu, Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) terlibat aktif mengambil inisiatif. Mengusung program Sahabat Usaha Rakyat (Sahara), Inkowapi bertekad menciptakan 1000 pengusaha agen sembako rumahan. Tujuan akhir program itu, agen-agen diharap dapat bersaing dengan ritel modern. "Program itu sangat strategis dengan tiga pendekatan" tutur Ketua Inkowapi, Sharmila.

Pertama pelatihan kewirausahawan, pemanfaatkan koperasi dan teknologi. Dengan usaha itu, para agen sembako mampu membiayai sekolah anak-anaknya. Terpenting, memutus rantai distribusi dengan sistem koperasi. Di koperasi Sahara bisa mendapat harga Rp 12 ribu per kilogram. "Kalau belanja sendiri-sendiri ke agen harga gula Rp 25 ribu per kg" tukas Sharmila.

Nah, 1000 agen sembako Sahara akhirnya bisa tersenyum lega. Itu setelah Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menggaransi menjadi bagian dari program One Kecamatan One Centre Entrepreneur (OK OCE).

Dengan kepastian menjadi bagian program OK OCE, 1000 agen sembako Sahara, bakal dilatih supaya menjadi terampil. Tidak hanya dilatih. Warung-warung juga boleh memakai spanduk bergambar Sandiaga Uno. "Tidak mesti memakai gambar saya. Lebih cantik pakai gambar ibu Sharmila" tegas Sandi disambut riuh tepuk tangan ibu-ibu yang berebut untuk berselfie.
sumber : https://indopos.co.id/read/2017/10/26/114751/ok-oce-sahara-latih-seribu-agen-sembako
Download aplikasinya sekarang
PT. Savindo Karya Perdana

Bellagio Boutiqe Mall UG 27-28 Jl. Mega Kuningan Barat KAV. E.4.3, Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950

Cabang: Jl. Dewi Sartika No. 290 RT 007/004 Kel. Cawang Kec Kramajati, Jakarta Timur 13630

info@sembakosahara.com

Telepon, 081315332693

Telepon, 08111320155

Download aplikasinya sekarang